Senin, 05 Desember 2016

Ikhtisar: Perencanaan Pemasaran Destinasi

Pemasaran dan promosi adalah satu dari peran manajemen destinasi (DMO) yang sangat penting yang memerlukan perencanaan secara bertahap.

Proses perencanaan pemasaran destinasi adalah sebuah pendekatan yang terbukti efektif dalam praktek. Proses ini meliputi pengembangan jenjang tujuan dan sasaran, yang mencakup visi destinasi, visi manajemen destinasi (DMO), tujuan-tujuan pemasaran dan sasaran-sasaran pemasaran. Misi DMO perlu ditulis.

Langkah-langkah bahwa DMO harus melengkapi perencanaan pemasaran destinasi sebagai berikut.

1. Mengembangkan visi sebuah destinasi (visi yang diarahkan pada hasil yang akan dicapai pada tujuan utama jangka panjang) dan visi DMO (lebih konkret dari visi destinasi, yang akuntabel sebagai tujuan utama jangka panjang yang mengarahkan tujuan dan sasaran pemasaran).
2. Menyiapkan seperangkat tujuan-tujuan pemasaran destinasi untuk 3-5 tahun (bagian dari perencanaan stratejik).
3. Menuliskan pernyataan sebuah DMO.
4. Menyiapkan pemindaian sebuah lingkungan (analisis SWOT).
5. Mengembangkan sebuah analisis situasi.
6. Melaksanakan riset pasar dan pemasaran untuk mendukung keputusan-keputusan.
7. Mengidentifikasi Unique Selling Points (USPs), dalam konteks membedakan (differentiating) keunikan produk dibandingkan destinasi pesaing.
8. Melaksanakan analisis segmentasi pasar.
9. Memilih target-target pasar.
10. Menuliskan pernyataan positioning destinasi (posisi destinasi dari persepsi wisatawan dibandingkan dengan destinasi pesaing).
11. Menciptakan sebuah pendekatan branding destinasi (sangat dekat dengan destinasi-DMO dan pengembangan produk, yang tertanam dari pengalaman unik wisatawan ketika berwisata di destinasi pariwisata, yang mengonsolidasikan dan  memperkuat kenangan wisatawan selama beraktivitas di destinasi pariwisata).
12. Menyiapkan seperangkat tujuan pemasaran.
13. Menuliskan perencanaan pemasaran.
14. Memonitor pelaksanaan perencanan pemasaran dan melaporkan perkembangan (pengawasan/ control)
15. Mengevaluasi efektivitas perencanaan pemasaran dan mengukur kinerja manajemen destinasi (DMO).


Sumber: Alastair M. Morrison (2013).  Marketing And Managing Tourism Destinations.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

Hati Nurani

Allah Subhaanahu wa ta'aalaa berfirman: قُلْ هُوَ الَّذِيْۤ اَنْشَاَكُمْ وَجَعَلَ لَـكُمُ السَّمْعَ وَالْاَبْصَارَ وَ الْاَفْــئِدَةَ...