Minggu, 04 Desember 2016

Tahap Pengembangan Destinasi Pariwisata menurut Butler

Tahap Pengembangan Destinasi Pariwisata menurut Butler
Seri: Pemasaran dan Manajemen Destinasi Pariwisata.

#1. Tahap eksplorasi ditandai dengan kunjungan wisatawan dalam jumlah yang sangat minim, infrastruktur terbatas.

#2. Tahap merangkul komunitas lokal dalam menyediakan fasilitas untuk wisatawan. Pengunjung meningkat dan beberapa investasi pariwisata dari dalam (lokal).

#3. Tahap pengembangan, tuan rumah mulai mengembangkan dan mengiklankan daerah wisata agar dikenal sebagai destinasi pariwisata. Kunjungan wisatawan  bertumbuh dengan cepat. Banyak atraksi yang dibuat. Beberapa investasi dari luar.

#4. Tahap konsolidasi, daerah wisata yang sudah menarik wisatawan, tidak secepat sebelumnya, perlu menata aturan antara tuan rumah dengan wisatawan sebagai tamu. Kunjungan wisatawan bertumbuh dengan lambat dan  pengembangan pasar baru. Difokuskan pada wisatawan musiman.

#5. Tahap stagnasi, setelah mengalami puncak kunjungan wisatawan, fasilitas untuk wisatawan mengalami penurunan karena sudah terlalu jenuh ditandai dengan jumlah kunjungan wisatawan yang  menurun. Daya dukung terbatas. Tingkat hunian kamar hotel menurun. Terjadi pergantian portofolio bisnis.

#6. Tahap peremajaan, perlu investasi dan modernisasi dengan memperbaiki dan akan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Atraksi-atraksi dan fasilitas-fasilitas diperbarui, dikembangkan, atau diperbaiki. Sumber daya alam baru  dikembangkan.

#7. Tahap penurunan, jika tahap peremajaan tidak dilakukan, akan mengalami penurunan wisatawan, banyak tenaga kerja yang kehilangan pekerjaan di bidang usaha pariwisata, citra destinasi terpuruk. Infrastruktur kumuh.


Source: Butler, R.W (1980). The Concept of the Tourist Area Life Cycle of Evolution: Implications for Management of Resources.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

Hati Nurani

Allah Subhaanahu wa ta'aalaa berfirman: قُلْ هُوَ الَّذِيْۤ اَنْشَاَكُمْ وَجَعَلَ لَـكُمُ السَّمْعَ وَالْاَبْصَارَ وَ الْاَفْــئِدَةَ...