Minggu, 07 Januari 2018

Mengucapkan kalimat tauhid: Laa iIaaha illallah pada saat Sakratulmaut

Survei ringan ini disampaikan dalam sebuah ceramah yang diisi (bukan oleh penceramah kondang dan mahal), tetapi oleh Ustadz Komarudin, seorang praktisi pensiunan pegawai RS Islam Jakarta bagian kerohanian.

Satu di antara kegiatan yang menjadi tanggung jawab beliau adalah membimbing seseorang yang sedang menghadapi Sakratulmaut agar dapat mengucapkan kalimat LAA ILAAHA ILLALLAH di akhir hayatnya.

Beliau melakukan survei/riset ringan yang hasilnya sangat mengejutkan.

Bahwa dari 1.000 orang yang sedang menghadapi Sakratulmaut, hanya 7% saja di antaranya yang mampu mengucapkan kalimat LAA ILAAHA ILLALLAH. Selebihnya tidak mampu mengucapkannya, atau hanya 70 orang saja dari 1.000 orang yang mampu mengucapkan LAA ILAAHA ILLALLAH, Na'uudzubillaahi mindzalik.

Kemudian Ustadz Komarudin ini bertanya kepada beberapa pihak keluarga 70 orang yang meninggal dan dapat mengucapkan LAA ILAAHA ILLALLAH tersebut.

Apa saja kegiatan sehari-hari almarhum/ almarhumah ini semasa hidupnya?

Ternyata jawaban dari pihak keluarga semua rata-rata hampir sama, yaitu:
1. almarhum/ almarhumah ini semasa hidupnya selalu menjaga SHOLATNYA;
2. selalu membaca AL- QUR'AN;
3. selalu tulus, ikhlas, dan istiqomah dalam BERSEDEKAH, meskipun hanya Rp 5.000 per hari;
4. tidak memakan HARTA dengan cara yang batil; dan
5. tidak memutus tali SILATURAHMI dengan siapapun.

Simpulan

Ternyata perkara mengucapkan kalimat LAA ILAAHA ILLALLAH di saat Sakratulmaut bukanlah perkara yang mudah dan sepele, tetapi sangat sedikit orang yang mampu melakukannya.

Semoga Survei ini bermanfaat dan dapat kita jadikan muhasabah (introspeksi), serta dapat menjadikan kita pada saat menghadapi sakaratulmaut, termasuk orang-orang yang mendapatkan husnul Khotimah.

Mari kita persiapkan dengan baik mulai  sekarang.
InsyaAllah, jika ajal datang menjemput, kita dapat tersenyum dan mengucapkan LAA ILAAHA ILLALLAH dengan lancar, dan wafat dengan memperoleh husnul Khotimah, Aamiin ya Mujibassailin.


Semoga kita semua termasuk dalam golongan orang-orang​ yang bertaqwa.

"Subhanallah, walhamdulillah walaa ilaaha illallahu wallahu-akbar, wa laa haula wala quwwata illa billah.”

Entri yang Diunggulkan

Menjaga Keutuhan Umat

Janganlah kalian menjadi seperti orang-orang musyrik yang telah memecah belah agama mereka, yakni mengganti dan mengubahnya, serta beriman ...