Senin, 09 April 2018

Bisnis Pariwisata

Seri: Pemasaran Destinasi Pariwisata

Banyak bisnis pariwisata dan berbagai usaha pariwisata (industri pariwisata) menawarkan produk dan layanan, yang saling mengisi daripada saling bersaing satu dengan yang lainnya.

Mereka mengombinasikan produk dan layanan, yang saling melengkapi satu dengan yang lainnya, yang ditawarkan kepada pengunjung (wisatawan) yang mengejar kepuasan atau yang sedang melakukan perjalanan bisnis.


Dari Wisatawan Potensial ke Produk Pariwisata

1. Wisatawan mempunyai kebutuhan, motivasi, dan persepsi untuk memilih perjalanan.

2. Dalam memilih perjalanan, wisatawan mempunyai daya beli berdasarkan karakteristik wisatawan meliputi segmen perjalanan utama, arus perjalanan, dan moda transportasi.

3. Berdasarkan hal tersebut di atas, sebuah destinasi pariwisata, membuat rencana pengembangan destinasi pariwisata dan tata kelola destinasi pariwisata, dengan menetapkan kebijakan, menyusun perencanaan, pengawasan, pengembangan, dan pelayanan berbagai kegiatan kepariwisataan, dengan menekankan prinsip pariwisata berkelanjutan, yang mencakup aspek lingkungan alam, sosial-budaya, dan ekonomi, yang dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di destinasi pariwisata.

4. Berdasarkan hal tersebut di atas, sebuah produk pariwisata dipasarkan dengan menggunakan strategi, perencanaan, promosi, dan distribusi.

Berbagai destinasi pariwisata, bisnis pariwisata, dan fasilitas ditawarkan kepada wisatawan potensial dengan menggunakan saluran promosi dan distribusi yang efektif, yang akan mendorong wisatawan untuk melakukan perjalanan.

Sumber:
Diolah dari Model Sistem Pariwisata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

Hidayah itu Haknya Allah

Masih saja ada yang mengatakan, bahwa ada bid'ah hasanah dalam Syariat Islam, padahal Imam Malik -rohimahulloh- yang dijuluki sebagai &...