Senin, 23 Juli 2018

Siapakah Isa Alaihissallam?

Alloh Subhaanahuu wa ta'aalaa berfirman:

قَالَ رَبِّ  اَنّٰى يَكُوْنُ لِيْ غُلٰمٌ وَّقَدْ بَلَغَنِيَ الْكِبَرُ وَامْرَاَتِيْ عَاقِرٌ ۗ  قَالَ كَذٰلِكَ اللّٰهُ يَفْعَلُ مَا يَشَآءُ

qoola robbi annaa yakuunu lii ghulaamuw wa qod balaghoniyal-kibaru wamro`atii 'aaqir, qoola kazaalikallohu yaf'alu maa yasyaaa`

"Dia (Zakaria) berkata, Ya Robb-ku, bagaimana aku bisa mendapat anak, sedang aku sudah sangat tua dan istriku pun mandul? Dia (Alloh) berfirman, Demikianlah, Alloh berbuat apa yang Dia kehendaki."
(QS. Ali 'Imran 3: Ayat 40)

Alloh Subhaanahuu wa ta'aalaa berfirman:

اِذْ قَالَتِ الْمَلٰٓئِكَةُ يٰمَرْيَمُ اِنَّ اللّٰهَ يُبَشِّرُكِ بِكَلِمَةٍ مِّنْهُ  ۖ  اسْمُهُ الْمَسِيْحُ عِيْسَى ابْنُ مَرْيَمَ وَجِيْهًا فِى الدُّنْيَا وَالْاٰخِرَةِ وَمِنَ الْمُقَرَّبِيْنَ

iz qoolatil-malaaa`ikatu yaa maryamu innalloha yubasysyiruki bikalimatim min-husmuhul-masiihu 'iisabnu maryama wajiihan fid-dun-yaa wal-aakhiroti wa minal-muqorrobiin

"(Ingatlah), ketika para malaikat berkata, Wahai Maryam! Sesungguhnya Alloh menyampaikan kabar gembira kepadamu tentang sebuah kalimat (firman) dari-Nya (yaitu seorang putra), namanya Al-Masih 'Isa putra Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat, dan termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Alloh),"
(QS. Ali 'Imran 3: Ayat 45)

Alloh Subhaanahuu wa ta'aalaa berfirman:

وَيُعَلِّمُهُ الْكِتٰبَ وَالْحِكْمَةَ وَالتَّوْرٰٮةَ وَالْاِنْجِيْلَ

wa yu'allimuhul-kitaaba wal-hikmata wat-tauroota wal-injiil

"Dan Dia (Alloh) mengajarkan kepadanya ('Isa) Kitab, Hikmah, Taurat, dan Injil."
(QS. Ali 'Imran 3: Ayat 48)

Alloh Subhaanahuu wa ta'aalaa berfirman:

فَلَمَّاۤ اَحَسَّ عِيْسٰى مِنْهُمُ  الْكُفْرَ قَالَ مَنْ اَنْصَارِيْۤ اِلَى اللّٰهِ ۗ  قَالَ الْحَـوَارِيُّوْنَ نَحْنُ  اَنْصَارُ اللّٰهِ ۚ  اٰمَنَّا بِاللّٰهِ ۚ  وَاشْهَدْ بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ

fa lammaaa ahassa 'iisaa min-humul-kufro qoola man anshooriii ilalloh, qoolal-hawaariyyuuna nahnu anshoorulloh, aamannaa billaah, wasy-had bi`annaa muslimuun

"Maka ketika 'Isa merasakan keingkaran mereka (Bani Israil), dia berkata, Siapakah yang akan menjadi penolongku untuk (menegakkan agama) Alloh? Para hawariyyun (sahabat setianya) menjawab. Kamilah penolong (agama) Alloh. Kami beriman kepada Alloh, dan saksikanlah, bahwa kami adalah orang-orang muslim."
(QS. Ali 'Imran 3: Ayat 52)

Alloh Subhaanahuu wa ta'aalaa berfirman:

اِذْ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيْسٰۤى اِنِّيْ مُتَوَفِّيْكَ وَرَافِعُكَ اِلَيَّ وَمُطَهِّرُكَ مِنَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا وَجَاعِلُ الَّذِيْنَ اتَّبَعُوْكَ فَوْقَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْۤا اِلٰى يَوْمِ الْقِيٰمَةِ  ۚ  ثُمَّ اِلَيَّ مَرْجِعُكُمْ فَاَحْكُمُ بَيْنَكُمْ فِيْمَا كُنْتُمْ فِيْهِ تَخْتَلِفُوْنَ

iz qoolallohu yaa 'iisaaa innii mutawaffiika wa roofi'uka ilayya wa muthohhiruka minallaziina kafaruu wa jaa'ilullaziinattaba'uuka fauqollaziina kafaruuu ilaa yaumil-qiyaamah, summa ilayya marji'ukum fa ahkumu bainakum fiimaa kuntum fiihi takhtalifuun

"(Ingatlah), ketika Alloh berfirman, Wahai 'Isa! Aku mengambilmu dan mengangkatmu kepada-Ku, serta menyucikanmu dari orang-orang yang kafir, dan menjadikan orang-orang yang mengikutimu di atas orang-orang yang kafir hingga hari Kiamat. Kemudian kepada-Ku engkau kembali, lalu Aku beri keputusan tentang apa yang kamu perselisihkan."
(QS. Ali 'Imran 3: Ayat 55)

Alloh Subhaanahuu wa ta'aalaa berfirman:

اِنَّ مَثَلَ عِيْسٰى عِنْدَ اللّٰهِ كَمَثَلِ اٰدَمَ ۗ  خَلَقَهٗ  مِنْ تُرَابٍ ثُمَّ قَالَ لَهٗ كُنْ فَيَكُوْنُ

inna masala 'iisaa 'indallohi kamasali aadam, kholaqohuu min turoobin summa qoola lahuu kun fa yakuun

"Sesungguhnya perumpamaan (penciptaan) 'Isa bagi Alloh, seperti (penciptaan) Adam. Dia menciptakannya dari tanah, kemudian Dia berkata kepadanya, Jadilah! Maka jadilah sesuatu itu."
(QS. Ali 'Imran 3: Ayat 59)

Alloh Subhaanahuu wa ta'aalaa berfirman:

اِنَّ هٰذَا لَهُوَ الْقَصَصُ الْحَـقُّ  ۚ  وَمَا مِنْ  اِلٰهٍ اِلَّا اللّٰهُ ۗ  وَاِنَّ اللّٰهَ لَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ

inna haazaa lahuwal-qoshoshul-haqq, wa maa min ilaahin illalloh, wa innalloha lahuwal-'aziizul-hakiim

"Sungguh, ini adalah kisah yang benar. Tidak ada ilah selain Alloh, dan sungguh, Alloh Maha Perkasa, Maha Bijaksana."
(QS. Ali 'Imran 3: Ayat 62)

Alloh Subhaanahuu wa ta'aalaa berfirman:

قُلْ اٰمَنَّا بِاللّٰهِ وَمَاۤ اُنْزِلَ عَلَيْنَا وَمَاۤ اُنْزِلَ عَلٰۤى اِبْرٰهِيْمَ وَ اِسْمٰعِيْلَ وَاِسْحٰقَ وَيَعْقُوْبَ وَالْاَسْبَاطِ وَمَاۤ اُوْتِيَ مُوْسٰى وَ عِيْسٰى وَالنَّبِيُّوْنَ مِنْ رَّبِّهِمْ ۖ  لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ اَحَدٍ مِّنْهُمْ ۖ  وَنَحْنُ لَهٗ مُسْلِمُوْنَ

qul aamannaa billaahi wa maaa unzila 'alainaa wa maaa unzila 'alaaa ibroohiima wa ismaa'iila wa is-haaqo wa ya'quuba wal-asbaathi wa maaa uutiya muusaa wa 'iisaa wan-nabiyyuuna mir robbihim laa nufarriqu baina ahadim min-hum wa nahnu lahuu muslimuun

"Katakanlah (Muhammad), Kami beriman kepada Alloh dan kepada apa yang diturunkan kepada kami dan yang diturunkan kepada Ibrahim, Ismail, Ishaq, Ya'qub, dan anak cucunya, dan apa yang diberikan kepada Musa, Isa, dan para nabi dari Robb mereka. Kami tidak membeda-bedakan seorang pun di antara mereka dan hanya kepada-Nya kami berserah diri."
(QS. Ali 'Imran 3: Ayat 84)

Alloh Subhaanahuu wa ta'aalaa berfirman:

وَّبِكُفْرِهِمْ وَقَوْلِهِمْ عَلٰى مَرْيَمَ بُهْتَانًـا عَظِيْمًا

wa bikufrihim wa qoulihim 'alaa maryama buhtaanan 'azhiimaa

"dan (Kami hukum juga) karena kekafiran mereka (terhadap 'Isa) dan tuduhan mereka yang sangat keji terhadap Maryam,"
(QS. An-Nisa' 4: Ayat 156)

Alloh Subhaanahuu wa ta'aalaa berfirman:

وَّقَوْلِهِمْ اِنَّا قَتَلْنَا الْمَسِيْحَ عِيْسَى ابْنَ مَرْيَمَ رَسُوْلَ اللّٰهِ  ۚ  وَمَا قَتَلُوْهُ وَمَا صَلَبُوْهُ وَلٰـكِنْ شُبِّهَ لَهُمْ  ۗ  وَاِنَّ الَّذِيْنَ اخْتَلَـفُوْا فِيْهِ لَفِيْ شَكٍّ مِّنْهُ  ۗ  مَا لَهُمْ بِهٖ مِنْ عِلْمٍ اِلَّا اتِّبَاعَ الظَّنِّ  ۚ  وَمَا قَتَلُوْهُ يَقِيْنًا ۢ 

wa qoulihim innaa qotalnal-masiiha 'iisabna maryama rosuulalloh, wa maa qotaluuhu wa maa sholabuuhu wa laakin syubbiha lahum, wa innallaziinakhtalafuu fiihi lafii syakkim min-h, maa lahum bihii min 'ilmin illattibaa'azh-zhonni wa maa qotaluuhu yaqiinaa

"dan (Kami hukum juga) karena ucapan mereka, Sesungguhnya kami telah membunuh Al-Masih, 'Isa putra Maryam, Rosul Alloh. Padahal, mereka tidak membunuhnya dan tidak (pula) menyalibnya, tetapi (yang mereka bunuh adalah) orang yang diserupakan dengan 'Isa. Sesungguhnya mereka yang berselisih pendapat tentang (pembunuhan) 'Isa, selalu dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. Mereka benar-benar tidak tahu (siapa sebenarnya yang dibunuh itu), melainkan mengikuti persangkaan belaka, jadi mereka tidak yakin telah membunuhnya,"
(QS. An-Nisa' 4: Ayat 157)

Alloh Subhaanahuu wa ta'aalaa berfirman:

بَلْ رَّفَعَهُ اللّٰهُ اِلَيْهِ  ۗ  وَكَانَ اللّٰهُ عَزِيْزًا حَكِيْمًا

bal rofa'ahullohu ilaiih, wa kaanallohu 'aziizan hakiimaa

"Tetapi Alloh telah mengangkat 'Isa ke hadirat-Nya. Alloh Maha Perkasa, Maha Bijaksana."
(QS. An-Nisa' 4: Ayat 158)

Alloh Subhaanahuu wa ta'aalaa berfirman:

وَاِنْ مِّنْ اَهْلِ الْكِتٰبِ اِلَّا لَيُـؤْمِنَنَّ بِهٖ قَبْلَ مَوْتِهٖ   ۚ  وَيَوْمَ الْقِيٰمَةِ يَكُوْنُ عَلَيْهِمْ شَهِيْدًا 

wa im min ahlil-kitaabi illaa layu`minanna bihii qobla mautih, wa yaumal-qiyaamati yakuunu 'alaihim syahiidaa

"Tidak ada seorang pun di antara Ahli Kitab yang tidak beriman kepadanya ('Isa) menjelang kematiannya. Dan pada hari Kiamat dia ('Isa) akan menjadi saksi mereka."
(QS. An-Nisa' 4: Ayat 159)

Alloh Subhaanahuu wa ta'aalaa berfirman:

اِنَّاۤ اَوْحَيْنَاۤ اِلَيْكَ كَمَاۤ اَوْحَيْنَاۤ اِلٰى نُوْحٍ وَّالنَّبِيّٖنَ مِنْۢ بَعْدِهٖ  ۚ  وَاَوْحَيْنَاۤ اِلٰۤى اِبْرٰهِيْمَ وَاِسْمٰعِيْلَ وَاِسْحٰقَ وَيَعْقُوْبَ وَالْاَسْبَاطِ وَعِيْسٰى وَاَيُّوْبَ وَيُوْنُسَ وَهٰرُوْنَ وَسُلَيْمٰنَ  ۚ  وَاٰتَيْنَا دَاوٗدَ زَبُوْرًا

innaaa auhainaaa ilaika kamaaa auhainaaa ilaa nuuhiw wan-nabiyyiina mim ba'dih, wa auhainaaa ilaaa ibroohiima wa ismaa'iila wa is-haaqo wa ya'quuba wal-asbaathi wa 'iisaa wa ayyuuba wa yuunusa wa haaruuna wa sulaimaan, wa aatainaa daawuuda zabuuroo

"Sesungguhnya Kami mewahyukan kepadamu (Muhammad) sebagaimana Kami telah mewahyukan kepada Nuh dan nabi-nabi setelahnya, dan Kami telah mewahyukan (pula) kepada Ibrahim, lsmail, Ishaq, Ya'qub dan anak cucunya; 'Isa, Ayyub, Yunus, Harun, dan Sulaiman. Dan Kami telah memberikan Kitab Zabur kepada Daud."
(QS. An-Nisa' 4: Ayat 163)

Alloh Subhaanahuu wa ta'aalaa berfirman:

يٰۤـاَهْلَ الْكِتٰبِ لَا تَغْلُوْا فِيْ دِيْـنِكُمْ وَلَا تَقُوْلُوْا عَلَى اللّٰهِ اِلَّا الْحَـقَّ  ۗ  اِنَّمَا الْمَسِيْحُ عِيْسَى ابْنُ مَرْيَمَ رَسُوْلُ اللّٰهِ وَكَلِمَتُهٗ  ۚ  اَ لْقٰٮهَاۤ اِلٰى مَرْيَمَ وَرُوْحٌ مِّنْهُ  ۖ  فَاٰمِنُوْا بِاللّٰهِ وَرُسُلِهٖ  ۗ  وَلَا تَقُوْلُوْا ثَلٰثَةٌ  ۗ  اِنْتَهُوْا خَيْرًا لَّـكُمْ  ۗ  اِنَّمَا اللّٰهُ اِلٰـهٌ وَّاحِدٌ  ۗ  سُبْحٰنَهٗۤ اَنْ يَّكُوْنَ لَهٗ وَلَدٌ  ۘ  لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِ  ۗ  وَكَفٰى بِاللّٰهِ وَكِيْلًا

yaaa ahlal-kitaabi laa taghluu fii diinikum wa laa taquuluu 'alallohi illal-haqq, innamal-masiihu 'iisabnu maryama rosuulullohi wa kalimatuh, alqoohaaa ilaa maryama wa ruuhum min-hu fa aaminuu billaahi wa rusulih, wa laa taquuluu salaasah, intahuu khoirol lakum, innamallohu ilaahuw waahid, sub-haanahuuu ay yakuuna lahuu walad, lahuu maa fis-samaawaati wa maa fil-ardh, wa kafaa billaahi wakiilaa

"Wahai Ahli Kitab! Janganlah kamu melampaui batas dalam agamamu, dan janganlah kamu mengatakan terhadap Alloh kecuali yang benar. Sungguh, Al-Masih 'Isa putra Maryam itu, adalah utusan Alloh dan (yang diciptakan dengan) kalimat-Nya yang disampaikan-Nya kepada Maryam, dan (dengan tiupan) roh dari-Nya. Maka, berimanlah kepada Alloh dan rosul-rosul-Nya dan janganlah kamu mengatakan, (Ilah itu) tiga, berhentilah (dari ucapan itu). (Itu) lebih baik bagimu. Sesungguhnya Alloh Robb Yang Maha Esa, Maha Suci Dia dari (anggapan) mempunyai anak. Milik-Nyalah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Dan cukuplah Alloh sebagai pelindung."
(QS. An-Nisa' 4: Ayat 171)

Alloh Subhaanahuu wa ta'aalaa berfirman:

وَقَفَّيْنَا عَلٰۤى اٰثَارِهِمْ بِعِيْسَى ابْنِ مَرْيَمَ مُصَدِّقًا لِّمَا بَيْنَ يَدَيْهِ مِنَ التَّوْرٰٮةِ ۖ  وَاٰتَيْنٰهُ الْاِنْجِيْلَ فِيْهِ هُدًى وَّنُوْرٌ  ۙ  وَّ مُصَدِّقًا لِّمَا بَيْنَ يَدَيْهِ مِنَ التَّوْرٰٮةِ وَهُدًى وَّمَوْعِظَةً لِّـلْمُتَّقِيْنَ

wa qoffainaa 'alaaa aasaarihim bi'iisabni maryama mushoddiqol limaa baina yadaihi minat-taurooti wa aatainaahul-injiila fiihi hudaw wa nuuruw wa mushoddiqol limaa baina yadaihi minat-taurooti wa hudaw wa mau'izhotal lil-muttaqiin

"Dan Kami teruskan jejak mereka dengan mengutus Isa putra Maryam, membenarkan kitab yang sebelumnya, yaitu Taurat. Dan Kami menurunkan Injil kepadanya, di dalamnya terdapat petunjuk dan cahaya, dan membenarkan kitab yang sebelumnya yaitu Taurat, dan sebagai petunjuk serta pengajaran untuk orang-orang yang bertakwa."
(QS. Al-Ma'idah 5: Ayat 46)

Alloh Subhaanahuu wa ta'aalaa berfirman:

لُعِنَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا مِنْۢ بَنِيْۤ اِسْرَآءِيْلَ عَلٰى لِسَانِ دَاوٗدَ وَعِيْسَى ابْنِ مَرْيَمَ  ۗ  ذٰلِكَ بِمَا عَصَوْا وَّكَانُوْا يَعْتَدُوْنَ

lu'inallaziina kafaruu mim baniii isrooo`iila 'alaa lisaani daawuuda wa 'iisabni maryam, zaalika bimaa 'ashow wa kaanuu ya'taduun

"Orang-orang kafir dari Bani Israil telah dilaknat melalui lisan (ucapan) Daud dan 'Isa putra Maryam. Yang demikian itu karena mereka durhaka dan selalu melampaui batas."
(QS. Al-Ma'idah 5: Ayat 78)

Alloh Subhaanahuu wa ta'aalaa berfirman:

اِذْ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيْسَى ابْنَ مَرْيَمَ اذْكُرْ نِعْمَتِيْ عَلَيْكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ  ۘ  اِذْ اَيَّدْتُّكَ بِرُوْحِ الْقُدُسِ ۗ   تُكَلِّمُ النَّاسَ فِيْ الْمَهْدِ وَكَهْلًا  ۚ  وَاِذْ عَلَّمْتُكَ الْـكِتٰبَ وَالْحِكْمَةَ وَالتَّوْرٰٮةَ وَالْاِنْجِيْلَ  ۚ  وَاِذْ تَخْلُقُ مِنَ الطِّيْنِ كَهَيْـئَـةِ الطَّيْرِ بِاِذْنِيْ فَتَـنْفُخُ فِيْهَا فَتَكُوْنُ طَيْرًۢا بِاِذْنِيْ وَ تُبْرِئُ الْاَكْمَهَ وَالْاَبْرَصَ بِاِذْنِيْ  ۚ  وَاِذْ تُخْرِجُ الْمَوْتٰى بِاِذْنِيْ  ۚ  وَاِذْ كَفَفْتُ بَنِيْۤ اِسْرَآءِيْلَ عَنْكَ اِذْ جِئْتَهُمْ بِالْبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا مِنْهُمْ اِنْ هٰذَاۤ اِلَّا سِحْرٌ مُّبِيْنٌ

iz qoolallohu yaa 'iisabna maryamazkur ni'matii 'alaika wa 'alaa waalidatik, iz ayyattuka biruuhil-qudus, tukallimun-naasa fil-mahdi wa kahlaa, wa iz 'allamtukal-kitaaba wal-hikmata wat-tauroota wal-injiil, wa iz takhluqu minath-thiini kahai`atith-thoiri bi`iznii fa tanfukhu fiihaa fa takuunu thoirom bi`iznii wa tubri`ul-akmaha wal-abrosho bi`iznii, wa iz tukhrijul-mautaa bi`iznii, wa iz kafaftu baniii isrooo`iila 'angka iz ji`tahum bil-bayyinaati fa qoolallaziina kafaruu min-hum in haazaaa illaa sihrum mubiin

"Dan ingatlah, ketika Alloh berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Ruhulqudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia di waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat, dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, laIu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah, ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatIah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang  nyata."
(QS. Al-Ma'idah 5: Ayat 110)

Alloh Subhaanahuu wa ta'aalaa berfirman:

وَ اِذْ اَوْحَيْتُ اِلَى الْحَـوَارِيّٖنَ اَنْ اٰمِنُوْا بِيْ وَبِرَسُوْلِيْ ۚ  قَالُوْۤا  اٰمَنَّا وَاشْهَدْ بِاَنَّـنَا مُسْلِمُوْنَ

wa iz auhaitu ilal-hawaariyyiina an aaminuu bii wa birosuulii, qooluuu aamannaa wasy-had bi`annanaa muslimuun

"Dan (ingatlah), ketika Aku ilhamkan kepada pengikut-pengikut Isa yang setia, Berimanlah kamu kepada-Ku dan kepada rosul-Ku. Mereka menjawab, Kami telah beriman dan saksikanlah (wahai Rosul) bahwa kami adalah orang-orang yang berserah diri (muslim)."
(QS. Al-Ma'idah 5: Ayat 111)

Alloh Subhaanahuu wa ta'aalaa berfirman:

اِذْ قَالَ الْحَـوَارِيُّوْنَ يٰعِيْسَى ابْنَ مَرْيَمَ هَلْ يَسْتَطِيْعُ رَبُّكَ اَنْ يُّنَزِّلَ عَلَيْنَا مَآئِدَةً مِّنَ السَّمَآءِ  ۗ  قَالَ اتَّقُوا اللّٰهَ اِنْ كُنْتُمْ مُّؤْمِنِيْنَ

iz qoolal-hawaariyyuuna yaa 'iisabna maryama hal yastathii'u robbuka ay yunazzila 'alainaa maaa`idatam minas-samaaa`, qoolattaqulloha ing kuntum mu`miniin

"(Ingatlah), ketika pengikut-pengikut Isa yang setia berkata, Wahai Isa putra Maryam! Bersediakah Tuhanmu menurunkan hidangan dari langit kepada kami? Isa menjawab, Bertakwalah kepada Alloh jika kamu orang-orang beriman."
(QS. Al-Ma'idah 5: Ayat 112)

Alloh Subhaanahuu wa ta'aalaa berfirman:

قَالَ عِيْسَى ابْنُ مَرْيَمَ اللّٰهُمَّ رَبَّنَاۤ اَنْزِلْ عَلَيْنَا مَآئِدَةً مِّنَ السَّمَآءِ  تَكُوْنُ لَـنَا عِيْدًا لِّاَوَّلِنَا وَاٰخِرِنَا وَاٰيَةً مِّنْكَ ۚ  وَارْزُقْنَا وَاَنْتَ  خَيْرُ الرّٰزِقِيْنَ

qoola 'iisabnu maryamallohumma robbanaaa anzil 'alainaa maaa`idatam minas-samaaa`i takuunu lanaa 'iidal li`awwalinaa wa aakhirinaa wa aayatam mingka warzuqnaa wa anta khoirur-rooziqiin

"'Isa putra Maryam berdoa, Ya Robb kami, turunkanlah kepada kami hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami, yaitu bagi orang-orang yang sekarang bersama kami ataupun yang datang setelah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau; berilah kami rezeki, dan Engkaulah sebaik-baik pemberi rezeki."
(QS. Al-Ma'idah 5: Ayat 114)

Alloh Subhaanahuu wa ta'aalaa berfirman:

وَاِذْ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيْسَى ابْنَ مَرْيَمَ ءَاَنْتَ قُلْتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوْنِيْ وَاُمِّيَ اِلٰهَيْنِ مِنْ دُوْنِ اللّٰهِ  ۗ  قَالَ سُبْحٰنَكَ مَا يَكُوْنُ لِيْۤ اَنْ اَقُوْلَ مَا لَـيْسَ لِيْ بِحَقٍّ  ۗ  اِنْ كُنْتُ قُلْتُهٗ فَقَدْ عَلِمْتَهٗ  ۗ  تَعْلَمُ مَا فِيْ نَفْسِيْ وَلَاۤ اَعْلَمُ مَا فِيْ نَفْسِكَ  ۗ  اِنَّكَ اَنْتَ عَلَّامُ الْغُيُوْبِ

wa iz qoolallohu yaa 'iisabna maryama a anta qulta lin-naasittakhizuunii wa ummiya ilaahaini min duunillaah, qoola sub-haanaka maa yakuunu liii an aquula maa laisa lii bihaqq, ing kuntu qultuhuu fa qod 'alimtah, ta'lamu maa fii nafsii wa laaa a'lamu maa fii nafsik, innaka anta 'allaamul-ghuyuub

"Dan (ingatlah) ketika Alloh berfirman, Wahai 'Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua Ilah selain Alloh? ('Isa) menjawab, Maha Suci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang ghoib."
(QS. Al-Ma'idah 5: Ayat 116)

Alloh Subhaanahuu wa ta'aalaa berfirman:

وَزَكَرِيَّا وَيَحْيٰى وَعِيْسٰى وَاِلْيَاسَ ۗ  كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيْنَ

wa zakariyyaa wa yahyaa wa 'iisaa wa ilyaas, kullum minash-shoolihiin

"dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang sholeh,"
(QS. Al-An'am 6: Ayat 85)

Alloh Subhaanahuu wa ta'aalaa berfirman:

قَالَ اِنِّيْ عَبْدُ اللّٰهِ ۗ    ۗ  اٰتٰٮنِيَ الْكِتٰبَ وَجَعَلَنِيْ نَبِيًّا 

qoola innii 'abdulloh, aataaniyal-kitaaba wa ja'alanii nabiyyaa

"Dia ('Isa) berkata, Sesungguhnya aku hamba Alloh, Dia memberiku Kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang nabi,"
(QS. Maryam 19: Ayat 30)

Alloh Subhaanahuu wa ta'aalaa berfirman:

ذٰلِكَ عِيْسَى ابْنُ مَرْيَمَ  ۚ  قَوْلَ الْحَـقِّ الَّذِيْ فِيْهِ يَمْتَرُوْنَ

zaalika 'iisabnu maryam, qoulal-haqqillazii fiihi yamtaruun

"Itulah 'Isa putra Maryam, (yang mengatakan) perkataan yang benar, yang mereka ragukan kebenarannya."
(QS. Maryam 19: Ayat 34)

Alloh Subhaanahuu wa ta'aalaa berfirman:

وَاِنَّ اللّٰهَ رَبِّيْ وَرَبُّكُمْ فَاعْبُدُوْهُ   ۗ  هٰذَا صِرَاطٌ مُّسْتَقِيْمٌ

wa innalloha robbii wa robbukum fa'buduuh, haazaa shiroothum mustaqiim

"('Isa berkata), Dan sesungguhnya Allah itu Robb-ku dan Robb-mu, maka sembahlah Dia. Ini adalah jalan yang lurus."
(QS. Maryam 19: Ayat 36)

Alloh Subhaanahuu wa ta'aalaa berfirman:

وَاِذْ اَخَذْنَا مِنَ النَّبِيّٖنَ مِيْثَاقَهُمْ وَمِنْكَ وَمِنْ نُّوْحٍ وَّاِبْرٰهِيْمَ وَمُوْسٰى وَعِيْسَى ابْنِ مَرْيَمَ ۖ  وَاَخَذْنَا مِنْهُمْ مِّيْثَا قًا غَلِيْظًا 

wa iz akhoznaa minan-nabiyyiina miisaaqohum wa mingka wa min nuuhiw wa ibroohiima wa muusaa wa 'iisabni maryama wa akhoznaa min-hum miisaaqon gholiizhoo

"Dan (ingatlah) ketika Kami mengambil perjanjian dari para nabi dan dari engkau (sendiri), dari Nuh, Ibrahim, Musa, dan 'Isa putra Maryam, dan Kami telah mengambil dari mereka perjanjian yang teguh,"
(QS. Al-Ahzab 33: Ayat 7)

Alloh Subhaanahuu wa ta'aalaa berfirman:

شَرَعَ لَـكُمْ مِّنَ الدِّيْنِ مَا وَصّٰى بِهٖ نُوْحًا وَّالَّذِيْۤ اَوْحَيْنَاۤ اِلَيْكَ وَمَا وَصَّيْنَا بِهٖۤ اِبْرٰهِيْمَ وَمُوْسٰى وَعِيْسٰۤى اَنْ اَقِيْمُوا الدِّيْنَ وَ لَا تَتَفَرَّقُوْا فِيْهِ ۗ  كَبُـرَ عَلَى الْمُشْرِكِيْنَ مَا تَدْعُوْهُمْ اِلَيْهِ   ۗ  اَللّٰهُ يَجْتَبِيْۤ اِلَيْهِ مَنْ يَّشَآءُ وَيَهْدِيْۤ اِلَيْهِ مَنْ يُّنِيْبُ

syaro'a lakum minad-diini maa washshoo bihii nuuhaw wallaziii auhainaaa ilaika wa maa washshoinaa bihiii ibroohiima wa muusaa wa 'iisaaa an aqiimud-diina wa laa tatafarroquu fiih, kaburo 'alal-musyrikiina maa tad'uuhum ilaiih, allohu yajtabiii ilaihi may yasyaaa`u wa yahdiii ilaihi may yuniib

"Dia (Alloh) telah mensyariatkan kepadamu agama yang telah diwasiatkan-Nya kepada Nuh dan apa yang telah Kami wahyukan kepadamu (Muhammad) dan apa yang telah Kami wasiatkan kepada Ibrahim, Musa, dan 'Isa, yaitu tegakkanlah agama (keimanan dan ketakwaan) dan janganlah kamu berpecah-belah di dalamnya. Sangat berat bagi orang-orang musyrik (untuk mengikuti) agama yang kamu serukan kepada mereka. Alloh memilih orang yang Dia kehendaki kepada agama tauhid dan memberi petunjuk kepada (agama)-Nya bagi orang yang kembali (kepada-Nya)."
(QS. Asy-Syura 42: Ayat 13)

Alloh Subhaanahuu wa ta'aalaa berfirman:

وَمَا تَفَرَّقُوْۤا اِلَّا مِنْۢ بَعْدِ مَا جَآءَهُمُ الْعِلْمُ بَغْيًاۢ بَيْنَهُمْ ۗ  وَلَوْلَا كَلِمَةٌ سَبَقَتْ مِنْ رَّبِّكَ اِلٰۤى اَجَلٍ مُّسَمًّى لَّقُضِيَ بَيْنَهُمْ ۗ  وَ اِنَّ الَّذِيْنَ اُوْرِثُوا الْكِتٰبَ مِنْۢ بَعْدِهِمْ لَفِيْ شَكٍّ مِّنْهُ مُرِيْبٍ

wa maa tafarroquuu illaa mim ba'di maa jaaa`ahumul-'ilmu baghyam bainahum, walau laa kalimatun sabaqot mir robbika ilaaa ajalim musammal laqudhiya bainahum, wa innallaziina uurisul-kitaaba mim ba'dihim lafii syakkim min-hu muriib

"Dan mereka (Ahli Kitab) tidak berpecah-belah kecuali setelah datang kepada mereka ilmu (kebenaran yang disampaikan oleh para nabi), karena kedengkian antara sesama mereka. Jika tidaklah karena suatu ketetapan yang telah ada dahulunya dari Robb-mu (untuk menangguhkan azab) sampai batas waktu yang ditentukan, pastilah hukuman bagi mereka telah dilaksanakan. Dan sesungguhnya orang-orang yang mewarisi Kitab (Taurat dan Injil) setelah mereka (pada zaman Muhammad), benar-benar berada dalam keraguan yang mendalam tentang Kitab (Al-Qur'an) itu."
(QS. Asy-Syura 42: Ayat 14)

Alloh Subhaanahuu wa ta'aalaa berfirman:

وَلَمَّا ضُرِبَ ابْنُ مَرْيَمَ مَثَلًا اِذَا قَوْمُكَ مِنْهُ يَصِدُّوْنَ

wa lammaa dhuribabnu maryama masalan izaa qoumuka min-hu yashidduun

"Dan ketika putra Maryam ('Isa) dijadikan perumpamaan, tiba-tiba kaummu (suku Quraisy) bersorak karenanya."
(QS. Az-Zukhruf 43: Ayat 57)

Alloh Subhaanahuu wa ta'aalaa berfirman:

وَقَالُـوْۤا ءَاٰلِهَتُنَا خَيْرٌ اَمْ هُوَ ۗ  مَا ضَرَبُوْهُ لَكَ اِلَّا جَدَلًا  ۗ  بَلْ هُمْ قَوْمٌ خَصِمُوْنَ

wa qooluuu a aalihatunaa khoirun am huw, maa dhorobuuhu laka illaa jadalaa, bal hum qoumun khoshimuun

"Dan mereka berkata, Manakah yang lebih baik, ilah-ilah kami atau dia ('Isa)? Mereka tidak memberikan (perumpamaan itu) kepadamu melainkan dengan maksud membantah saja; sebenarnya mereka adalah kaum yang suka bertengkar."
(QS. Az-Zukhruf 43: Ayat 58)

Alloh Subhaanahuu wa ta'aalaa berfirman:

اِنْ هُوَ اِلَّا عَبْدٌ اَنْعَمْنَا عَلَيْهِ وَجَعَلْنٰهُ مَثَلًا لِّبَنِيْۤ اِسْرَآءِيْلَ

in huwa illaa 'abdun an'amnaa 'alaihi wa ja'alnaahu masalal libaniii isrooo`iil

"Dia ('Isa) tidak lain hanyalah seorang hamba yang Kami berikan nikmat (kenabian) kepadanya, dan Kami jadikan dia sebagai contoh bagi Bani Israil."
(QS. Az-Zukhruf 43: Ayat 59)

Alloh Subhaanahuu wa ta'aalaa berfirman:

وَاِنَّهٗ لَعِلْمٌ  لِّلسَّاعَةِ فَلَا تَمْتَرُنَّ بِهَا وَاتَّبِعُوْنِ ۗ  هٰذَا صِرَاطٌ مُّسْتَقِيْمٌ

wa innahuu la'ilmul lis-saa'ati fa laa tamtarunna bihaa wattabi'uun, haazaa shiroothum mustaqiim

"Dan sungguh, dia ('Isa) benar-benar menjadi pertanda akan datangnya hari Kiamat. Karena itu, janganlah kamu ragu-ragu tentang (Kiamat) itu dan ikutilah Aku. Inilah jalan yang lurus."
(QS. Az-Zukhruf 43: Ayat 61)

Alloh Subhaanahuu wa ta'aalaa berfirman:

وَ لَمَّا جَآءَ عِيْسٰى بِالْبَيِّنٰتِ قَالَ قَدْ جِئْتُكُمْ بِالْحِكْمَةِ وَلِاُبَيِّنَ لَكُمْ بَعْضَ الَّذِيْ تَخْتَلِفُوْنَ فِيْهِ  ۚ  فَاتَّقُوا اللّٰهَ وَاَطِيْعُوْنِ

wa lammaa jaaa`a 'iisaa bil-bayyinaati qoola qod ji`tukum bil-hikmati wa li`ubayyina lakum ba'dhollazii takhtalifuuna fiih, fattaqulloha wa athii'uun

"Dan ketika 'Isa datang membawa keterangan, dia berkata, Sungguh, aku datang kepadamu dengan membawa Hikmah, dan untuk menjelaskan kepadamu sebagian dari apa yang kamu perselisihkan; maka bertakwalah kepada Alloh dan taatlah kepadaku."
(QS. Az-Zukhruf 43: Ayat 63)

Alloh Subhaanahuu wa ta'aalaa berfirman:

ثُمَّ قَفَّيْنَا عَلٰۤى اٰثَارِهِمْ بِرُسُلِنَا وَقَفَّيْنَا بِعِيْسَى ابْنِ مَرْيَمَ وَاٰتَيْنٰهُ الْاِنْجِيْلَ  ۙ  وَجَعَلْنَا فِيْ قُلُوْبِ الَّذِيْنَ اتَّبَعُوْهُ رَأْفَةً وَّرَحْمَةً   ۗ  وَرَهْبَانِيَّةَ  اِبْتَدَعُوْهَا مَا كَتَبْنٰهَا عَلَيْهِمْ اِلَّا ابْتِغَآءَ رِضْوَانِ اللّٰهِ فَمَا رَعَوْهَا حَقَّ رِعَايَتِهَا   ۚ  فَاٰتَيْنَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْهُمْ اَجْرَهُمْ ۚ  وَكَثِيْرٌ مِّنْهُمْ فٰسِقُوْنَ

summa qoffainaa 'alaaa aasaarihim birusulinaa wa qoffainaa bi'iisabni maryama wa aatainaahul-injiila wa ja'alnaa fii quluubillaziinattaba'uuhu ro`fataw wa rohmah, wa rohbaaniyyatanibtada'uuhaa maa katabnaahaa 'alaihim illabtighooo`a ridhwaanillaahi fa maa ro'auhaa haqqo ri'aayatihaa, fa aatainallaziina aamanuu min-hum ajrohum, wa kasiirum min-hum faasiquun

"Kemudian Kami susulkan rosul-rosul Kami mengikuti jejak mereka dan Kami susulkan (pula) 'Isa putra Maryam; dan Kami berikan Injil kepadanya dan Kami jadikan rasa santun dan kasih sayang dalam hati orang-orang yang mengikutinya. Mereka mengada-adakan rahbaniyyah padahal Kami tidak mewajibkannya kepada mereka (yang Kami wajibkan hanyalah) mencari keridhoan Alloh, tetapi tidak mereka pelihara dengan semestinya. Maka kepada orang-orang yang beriman di antara mereka Kami berikan pahalanya, dan banyak di antara mereka yang fasik."
(QS. Al-Hadid 57: Ayat 27)

Alloh Subhaanahuu wa ta'aalaa berfirman:

وَاِذْ قَالَ عِيْسَى ابْنُ مَرْيَمَ يٰبَنِيْۤ اِسْرَآءِيْلَ اِنِّيْ رَسُوْلُ اللّٰهِ اِلَيْكُمْ مُّصَدِّقًا لِّمَا بَيْنَ يَدَيَّ مِنَ التَّوْرٰٮةِ وَمُبَشِّرًۢا بِرَسُوْلٍ يَّأْتِيْ مِنْۢ بَعْدِى اسْمُهٗۤ اَحْمَدُ ۗ  فَلَمَّا جَآءَهُمْ بِالْبَيِّنٰتِ قَالُوْا هٰذَا سِحْرٌ مُّبِيْنٌ

wa iz qoola 'iisabnu maryama yaa baniii isrooo`iila innii rosuulullohi ilaikum mushoddiqol limaa baina yadayya minat-taurooti wa mubasysyirom birosuuliy ya`tii mim ba'dismuhuuu ahmad, fa lammaa jaaa`ahum bil-bayyinaati qooluu haazaa sihrum mubiin

"Dan (ingatlah) ketika 'Isa putra Maryam berkata, Wahai Bani Israil! Sesungguhnya aku utusan Alloh kepadamu, yang membenarkan kitab (yang turun) sebelumku, yaitu Taurat dan memberi kabar gembira dengan seorang rosul yang akan datang setelahku, yang namanya Ahmad (Muhammad). Namun ketika Rosul itu datang kepada mereka dengan membawa bukti-bukti yang nyata, mereka berkata, Ini adalah sihir yang nyata."
(QS. As-Shoff 61: Ayat 6)

Alloh Subhaanahuu wa ta'aalaa berfirman:

يٰۤاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُوْنُوْۤا اَنْصَارَ اللّٰهِ كَمَا قَالَ عِيْسَى ابْنُ مَرْيَمَ لِلْحَوٰارِيّٖنَ مَنْ اَنْصَارِيْۤ اِلَى اللّٰهِ ۗ  قَالَ الْحَـوٰرِيُّوْنَ نَحْنُ اَنْصَارُ اللّٰهِ فَاٰمَنَتْ طَّآئِفَةٌ مِّنْۢ بَنِيْۤ اِسْرَآءِيْلَ وَكَفَرَتْ طَّآئِفَةٌ    ۚ  فَاَيَّدْنَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا عَلٰى عَدُوِّهِمْ فَاَصْبَحُوْا ظٰهِرِيْنَ

yaaa ayyuhallaziina aamanuu kuunuuu anshoorollaahi kamaa qoola 'iisabnu maryama lil-hawaariyyiina man anshooriii ilalloh, qoolal-hawaariyyuuna nahnu anshoorullohi fa aamanat thooo`ifatum mim baniii isrooo`iila wa kafarot thooo`ifah, fa ayyadnallaziina aamanuu 'alaa 'aduwwihim fa ashbahuu zhoohiriin

"Wahai orang-orang yang beriman! Jadilah kamu penolong-penolong (agama) Alloh sebagaimana 'Isa putra Maryam telah berkata kepada pengikut-pengikutnya yang setia, Siapakah yang akan menjadi penolong-penolongku (untuk menegakkan agama) Alloh? Pengikut-pengikutnya yang setia itu berkata, Kamilah penolong-penolong (agama) Alloh, lalu segolongan dari Bani Israil beriman dan segolongan (yang lain) kafir; lalu Kami berikan kekuatan kepada orang-orang yang beriman terhadap musuh-musuh mereka, sehingga mereka menjadi orang-orang yang menang."
(QS. As-Saff 61: Ayat 14)

Ali Imran, ayat 52-54

{فَلَمَّا أَحَسَّ عِيسَى مِنْهُمُ الْكُفْرَ قَالَ مَنْ أَنْصَارِي إِلَى اللَّهِ قَالَ الْحَوَارِيُّونَ نَحْنُ أَنْصَارُ اللَّهِ آمَنَّا بِاللَّهِ وَاشْهَدْ بِأَنَّا مُسْلِمُونَ (52) رَبَّنَا آمَنَّا بِمَا أَنزلْتَ وَاتَّبَعْنَا الرَّسُولَ فَاكْتُبْنَا مَعَ الشَّاهِدِينَ (53) وَمَكَرُوا وَمَكَرَ اللَّهُ وَاللَّهُ خَيْرُ الْمَاكِرِينَ (54) }

Maka tatkala Isa mengetahui keingkaran dari mereka (Bani Israil), berkatalah dia, "Siapakah yang akan menjadi penolong-penolongku untuk (menegakkan agama) Alloh?" Para hawariyyin menjawab, "Kamilah penolong-penolong (agama) Alloh, kami beriman kepada Alloh; dan saksikanlah bahwa sesungguhnya kami adalah orang-orang yang menyerahkan diri. Ya Robb kami, kami telah beriman kepada apa yang telah Engkau turunkan dan telah kami ikuti rosul. Karena itu, masukkanlah kami ke dalam golongan orang-orang yang menjadi saksi (tentang keesaan Alloh)." Orang-orang kafir itu membuat tipu daya, dan Alloh membalas tipu daya mereka itu. Dan Alloh sebaik-baik pembalas tipu daya.

Alloh Subhaanahuu wa ta'aalaa berfirman:

{فَلَمَّا أَحَسَّ عِيسَى}

Maka tatkala Isa mengetahui. (Ali Imran: 52),

Yakni Isa Alaihissallam merasakan kebulatan tekad mereka dalam kekufurannya dan keberlangsungan mereka dalam kesesatan, maka ia berkata:

{مَنْ أَنْصَارِي إِلَى اللَّهِ}

Siapakah yang akan menjadi penolong-penolongku untuk (menegakkan agama) Alloh? (Ali Imran: 52)

Mujahid mengatakan bahwa makna yang dimaksud ialah 'siapakah yang akan mengikutiku menegakkan agama Alloh?'

Sufyan As-Sauri dan lain-lainnya mengatakan bahwa makna yang dimaksud ialah 'siapakah yang akan menjadi penolong-penolongku bersama dengan Alloh?' Pendapat Mujahid lebih dekat pada kebenaran.

Menurut makna lahiriahnya, Nabi Isa bermaksud siapakah orang-orang yang mau menjadi penolong-penolongku untuk menyeru manusia menyembah Alloh. Perihalnya sama dengan apa yang pernah dikatakan oleh Nabi Shollalloohu'alaihi wasallam dalam musim-musim haji sebelum hijrah, yaitu:

"مَنْ رَجُل يُؤْوِيني عَلى [أَنْ] أُبَلِّغَ كلامَ رَبِّي، فإنَّ قُرَيْشًا قَدْ مَنَعُونِي أنْ أُبَلِّغَ كَلامَ رَبِّي"

Siapakah orangnya yang mau membantuku hingga aku dapat menyampaikan kalam Robb-ku, karena sesungguhnya orang-orang Quraisy telah melarangku untuk menyampaikan kalam Robb-ku!

Hingga beliau Shollalloohu'alaihi wasallam bersua dengan orang-orang Ansar, lalu mereka memberinya perlindungan dan pertolongan. Kemudian Nabi Shollalloohu'alaihi wasallam berhijrah kepada mereka, lalu mereka semuanya yang terdiri atas berbagai bangsa —ada yang berkulit hitam dan ada yang berkulit merah— membantunya dan melindunginya; semoga Alloh melimpahkan keridhoan-Nya kepada mereka (orang-orang Ansar) dan semoga Alloh memberi pahala yang memuaskan mereka.

Demikian pula halnya Nabi Isa Alaihissallam Ia dibantu oleh segolongan orang-orang dari kalangan Bani Israil, lalu mereka beriman kepadanya, membela dan menolongnya serta mengikuti cahaya yang diturunkan oleh Alloh kepadanya. Karena itulah dalam ayat selanjutnya disebutkan oleh Alloh Subhaanahuu wa ta'aalaa:

{قَالَ الْحَوَارِيُّونَ نَحْنُ أَنْصَارُ اللَّهِ آمَنَّا بِاللَّهِ وَاشْهَدْ بِأَنَّا مُسْلِمُونَ. رَبَّنَا آمَنَّا بِمَا أَنزلْتَ وَاتَّبَعْنَا الرَّسُولَ فَاكْتُبْنَا مَعَ الشَّاهِدِينَ}

Para hawariyyin menjawab, "Kamilah penolong-penolong (agama) Alloh. Kami beriman kepada Alloh; dan saksikanlah bahwa sesungguhnya kami adalah orang-orang yang menyerahkan diri. Ya Robb kami, kami telah beriman kepada apa yang telah Engkau turunkan dan telah kami ikuti rosul. Karena itu, masukkanlah kami ke dalam golongan orang-orang yang menjadi saksi (tentang keesaan Alloh). (Ali Imran: 52-53)

Al-hawariyyun, menurut suatu pendapat mereka adalah orang-orang yang bertubuh pendek. Menurut pendapat yang lainnya, mereka dinamakan hawariyyin karena pakaian yang selalu mereka kenakan berwarna putih. Menurut' pendapat yang lainnya lagi, mereka adalah para pemburu.

Menurut pendapat yang sahih, arti hawari ialah penolong. Seperti yang disebutkan di dalam kitab Sahihain, bahwa ketika Rosuulullooh Shollalloohu'alaihi wasallam menganjurkan kaum muslim dalam Perang Ahzab untuk bersiap-siap menghadapi peperangan, maka sahabat Az-Zubair membantu Nabi Shollalloohu'alaihi wasallam dan mengambil alih tugas ini, lalu Az-Zubair menyerukan hal tersebut kepada mereka. Maka Nabi Shollalloohu'alaihi wasallam bersabda:

"إنَّ لِكُلِّ نَبِيٍّ حَوَاريًا وَحَوَارِيي الزُّبَيْرُ"

Setiap nabi mempunyai penolong, dan penolongku adalah Az-Zubair.

Ibnu Abu Hatim mengatakan, telah menceritakan kepada kami Abu Sa'id Al-Asyaj, telah menceritakan kepada kami Waki', telah menceritakan kepada kami israil, dari Samak, dari Ikrimah, dari Ibnu Abbas r.a. sehubungan dengan firman-Nya: Karena itu, masukkanlah kami ke dalam golongan orang-orang yang menjadi saksi. (Ali Imran: 53) Ibnu Abbas mengatakan bahwa yang dimaksud ialah menjadi saksi bersama-sama umat Muhammad Shollalloohu'alaihi wasallam.

Sanad asar ini jayyid.

Kemudian Alloh Subhaanahuu wa ta'aalaa menceritakan perihal segolongan orang-orang terkemuka Bani Israil dalam rencana mereka yang hendak membinasakan Nabi Isa Alaihissallam. Mereka bertujuan ingin menimpakan kejahatan terhadapnya dan menyalibnya. Mereka semuanya bergabung untuk menentangnya dan menghasutnya ke hadapan raja di masa itu yang kafir. Mereka menyampaikan berita hasutan kepada si raja bahwa di sana ada seorang laki-laki yang menyesatkan orang-orang banyak, menghalang-halangi mereka untuk taat kepada raja, merusak rakyat serta memecah-belah antara seorang ayah dengan anaknya; dan hasutan-hasutan lainnya yang biasa mengakibatkan sanksi yang berat bagi pelakunya. Mereka melemparkan tuduhan terhadap Nabi Isa Alaihissallam sebagai seorang pendusta, dan bahwa dia adalah anak zina. Hal tersebut membangkitkan kemarahan si raja, lalu ia mengirimkan orang-orangnya untuk menangkap dan menyalibnya serta menyiksanya.

Ketika mereka mengepung rumah Nabi Isa Alaihissallam dan mereka menduga pasti dapat menangkapnya, maka Alloh menyelamatkan Nabi Isa Alaihissallam dari sergapan mereka. Alloh mengangkatnya dari atap rumah tersebut ke langit. Kemudian Alloh memiripkan rupa seorang laki-laki yang ada di dalam rumah tersebut dengan Nabi Isa Alaihissallam.

Ketika mereka masuk ke dalam rumah itu, mereka menduga laki-laki tersebut sebagai Nabi Isa   Alaihissallam dalam kegelapan malam, lalu mereka menangkapnya dan menghinanya serta menyalibnya, lalu meletakkan duri di atas kepalanya.

Hal tersebut merupakan tipu daya dari Alloh terhadap mereka, karena Dia akan menyelamatkan Nabi-Nya dan mengangkatnya dari hadapan mereka ke langit, serta meninggalkan mereka bergelimangan di dalam kesesatan. Mereka menduga bahwa mereka telah berhasil mencapai sasarannya. Dan Alloh menempatkan di dalam hati mereka kekerasan dan keingkaran terhadap perkara yang hak. Hal ini melekat di hati mereka, dan Alloh menimpakan kepada mereka kehinaan yang tidak pernah lekang dari diri mereka sampai hari kiamat nanti. Alloh Subhaanahuu wa ta'aalaa berfirman:

{وَمَكَرُوا وَمَكَرَ اللَّهُ وَاللَّهُ خَيْرُ الْمَاكِرِينَ}

Orang-orang kafir itu membuat tipu daya, dan Alloh membalas tipu daya mereka itu. Dan Alloh sebaik-baik pembalas tipu daya. (Ali Imran: 54)

Selesai

Entri yang Diunggulkan

Big data warisan budaya takbenda

Pertemuan informal dengan Adam Cao dari Yong Xin Hua Yun Cultural Industry Investment Group Co., Ltd. pada Sesi ke-13 the Intergovernmenta...